fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Berlatih Empati, Anggota HMPS Psikologi Islam Kunjungi RSJ Malang

Home >Berita >Berlatih Empati, Anggota HMPS Psikologi Islam Kunjungi RSJ Malang
Diposting : Kamis, 01 Dec 2022, 21:56:35 | Dilihat : 841 kali
Berlatih Empati, Anggota HMPS Psikologi Islam Kunjungi RSJ Malang


Mahasiswa Psikologi Islam (PI) Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember berkesempatan melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Radjiman Wediodiningrat di Lawang, Malang.

Dalam rangkaian kegiatan pada hari Selasa (29/11) tersebut bertujuan melatih sikap empati mahasiswa. Kunjungan tersebut juga merupakan bagian dari peningkatan kompetensi diri anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Psikologi Islam yang berjumlah 25 orang.

Kunjungan yang disambut langsung oleh Kepala Instalasi Pendidikan dan Penelitian, dokter Amalia Indah tersebut bertempat di Aula RSJ dengan protokol kesehatan ketat.

Dalam rilis yang disampaikan oleh Koordinator Program Studi pada Rabu (30/11), Muhammad Muhib Alwi, M.A. mengatakan bahwa tujuan kunjungan ke RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat sebagai bentuk pengenalan wawasan terhadap rumah sakit jiwa.

“Kami datang bukan hanya sekadar berkunjung, tapi belajar bagaimana memerankan diri sebagai Mahasiswa Psikologi dalam rehabiltasi dan pendampingan terhadap saudara kita yang sakit,” ujarnya.

Muhib Alwi juga menjelaskan bahwa ada dua kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa Psikologi Islam dalam kunjungan tersebut. Mahasiswa mendapatkan materi terkait analisis dan observasi terhadap pasien di RSJ. Dalam kondisi pembatasan kegiatan karena pandemi, materi dipadatkan dalam kegiatan pemaparan dan tanya jawab dengan Effiana Yuriastien, S.Psi. dari Klinik Psikologi RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat.

Klinik Psikologi di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat membuka akses layanan terhadap segala rentang usia dengan berbagai masalah produktivitas dan keberfungsian diri.

“Tren usia dengan permasalah kesehatan mental justru dari usia 20-23 tahun. Ya seperti teman-teman mahasiswa yang hadir di sini”, sambut Ibu Eviliana.

Lalu, kapan kita sebaiknya mendatangi klinik psikologi? Saat kita terganggu dengan masalah, merasa tidak ada teman, supaya tahu masalah beserta cara penyelesaian, pengalaman traumatik, dan saat kita merasa kuatir yang berlarut-larut, imbuhnya.

Kegiatan HMPS Psikologi Islam di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat berlanjut dengan tur ke museum rumah sakit jiwa.  Museum di RSJ Malang merupakan museum kesehatan jiwa pertama dan satu-satunya di Indonesia. Terletak di sebelah barat Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat, museum ini merupakan tempat menyimpan alat-alat kesehatan jiwa sejak jaman Belanda.

(Arik/ Dakwah)

Berita Terbaru

Biro Konseling dan Layanan Psikologi Fakultas Dakwah Ajak Generasi Muda Berani Unjuk Personal Branding
05 Apr 2024By dakwah
Fakultas Dakwah Gelar Yudisium ke-27 dengan Prestasi Gemilang dari Para Yudisi
17 Feb 2024By dakwah
PKL Mahasiswa Dakwah UIN KHAS Hasilkan Buku Moderasi Beragama
13 Feb 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;