fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Keterampilan Komunikasi yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Psikologi, Simak Baik-baik!

Home >Berita >Keterampilan Komunikasi yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Psikologi, Simak Baik-baik!
Diposting : Sabtu, 04 May 2024, 23:40:40 | Dilihat : 87 kali
Keterampilan Komunikasi yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Psikologi, Simak Baik-baik!


Jember, Media Center Fakultas Dakwah - Kuliah Tamu kembali digelar oleh Program Studi Psikologi Islam dengan mengusung tema “Aplikasi Interview dalam Setting Klinis” pada Hari Sabtu, 4 Mei 2024 yang bertempat di Ruang Pertemuan Lt. 2 Fakultas Dakwah.

Kegiatan bertujuan untuk menambah pengetahuan mahasiswa bahwa adanya perbedaan interview dalam setting klinis dan industri, dan penerapan teknik observasi dan wawancara dalam ranah klinis, ungkap Indah Roziah, S. Psi., M. Psi selaku dosen pengampu. Dengan menghadirkan pemateri yang ahli dalam bidangnya, Ida Karismatika, S.Psi., M. Psi., Psikolog yang kerap disapa Bu Ida, sosok periang nan humoris ini merupakan seorang Psikolog Klinis di Rumah Sakit Citra Husada Jember.

Bu Ida memberikan penjelasan secara detail mulai dari pengertian, tujuan, fungsi, jenis dan strategi. Dan terdapat beberapa poin penting yang beliau sampaikan “Mengasah kemampuan komunikasi yang bukan hanya sekedar berbicara tanpa adanya tujuan itu penting dalam keberhasilan interview. Sehingga perlunya informed consent di awal sesi untuk mengetahui target atau tujuan dari klien dalam proses psikodiagnostik. Perbedaan tahap perkembangan pun akan menggunakan strategi yang berbeda. Kita berperan sebagai psikolog ataupun interviewer beretika untuk tidak mudah menjustifikasi atau menilai seseorang secara subjektif, Namun harus objektif melalui data akurat.

Acara ini dihadiri oleh segenap mahasiswa psikologi islam semester 4 yang sedang mengampu mata kuliah observasi dan wawancara. Selain itu, Kepala Program Studi Psikologi Islam yang turut hadir juga, Arrumaisha Fitri, S. Psi., M. Psi., Psikolog dengan memberikan sambutannya.

“Kuliah tamu bersama praktisi memang sudah sering kali dilakukan oleh program studi psikologi islam, dan pada kuliah tamu kali ini saya sangat support terhadap kegiatan tersebut dengan duduk disini bersama mereka. karena saya rasa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam menerapkan materi kuliah secara praktis”

Beliau juga menyampaikan bahwa dengan diadakannya kegiatan seperti ini harapan kedepannya mahasiswa dan dosen dapat berkolaborasi terkait Tridharma Perguruan Tinggi baik itu dalam pengajaran, penelitian dan pengabdiannya terhadap masyarakat. Juga terjalinnya kerjasama yang berkelanjutan dari praktisi dan lembaga.

Muhammad Rabbani, salah satu peserta kuliah tamu mengungkapkan bahwasanya dari acara ini bisa mendapatkan ilmu baru untuk menambah wawasan, seru juga pembawaan pematerinya, jadinya hari libur lebih berdaging (berisi, bermanfaat). Kedepannya bisa ditambahkan dengan berlatih secara langsung untuk mahasiswa.

Koordinator Media Center : Zulfan Nabrisah
Penulis: Intan Permatasari
Editor : Nuzul Ahadiyanto, Firdaus Dwi

Berita Terbaru

Pemilihan Duta Kampus UIN KHAS Jember 2024 Memasuki Tahap Technical Meeting
14 May 2024By dakwah
Kampanyekan Budaya Sensor Mandiri, Sinergi LSF-RI dengan Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember.
07 May 2024By dakwah
Keterampilan Komunikasi yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Psikologi, Simak Baik-baik!
04 May 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;