fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

PKL Mahasiswa Dakwah UIN KHAS Hasilkan Buku Moderasi Beragama

Home >Berita >PKL Mahasiswa Dakwah UIN KHAS Hasilkan Buku Moderasi Beragama
Diposting : Selasa, 13 Feb 2024, 16:52:58 | Dilihat : 187 kali
PKL Mahasiswa Dakwah UIN KHAS Hasilkan Buku Moderasi Beragama


Lumajang, Media Center Fakultas Dakwah - Selama sebulan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Lumajang, mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember menghasilkan sebuah buku. Buku tersebut merupakan hasil kolaborasi para mahasiswa PKL dengan para personel Kantor Urusan Agama (KUA) Kementerian Agama (Kemenag) Lumajang. Judul bukunya "Lumajang dalam Peta Moderasi Beragama".  

"Buku ini sangat kaya data untuk membaca bagaimana moderasi beragama praksis dalam peta keberagamaannya," ujar Dekan Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember Dr Fawaizul Umam, saat melauncing buku ini di acara penarikan mahasiswa PKL di aula Kantor Kemenag Lumajang, Selasa (13/2).

Lebih lanjut Fawaiz menjelaskan, buku ini berisi tentang konfigurasi sosial keagamaan di Lumajang yang menunjukkan keharmonisan antar pemeluknya. Pihaknya sangat kagum dan berterimakasih dengan kepala Kantor Kemenag Lumajang yang menginisiasi lahirnya buku Lumajang dalam Peta Moderasi beragama. 

Menurutnya, target utama mahasiswa PKL adalah terampil mengonfirmasi keilmuan yang diterima di bangku kuliah dengan kenyataan di lapangan. "Namun luar biasanya, para mahasiswa justru sangat produktif dalam bekerjasama menyelesaikan tantangan dari kepala Kemenag untuk membuat buku," terangnya. 

Fawaiz juga menyampaikan bahwa buku ini akan menjadi modal untuk dilanjutkan dalam bentuk skema riset kolaboratif mahasiswa dosen dan para Kepala KUA.

Sementara itu, Kepala Kemenag Lumajang Dr. Muslim menyambut antusias terbitnya buku hasil pemetaan konfigurasi sosial keagamaan dalam perspektif moderasi beragam. "Ini luar biasa, masa ada kegiatan mahasiswa selama satu bulan bisa menghasilkan sebuah buku yang yang cukup kaya data," paparnya.

"Dengan membaca bismillahirrahmanirrahim buku Lumajang dalam peta moderasi beragama kami nyatakan resmi di launching dan akan diterbitkan secara umum" ucapnya dengan bangga sambil diiringi riuh tepuk tangan. 

Muslim mengakui kalau sebelumnya meragukan mahasiswa PKL dapat menyelesaikan buku ini, ternyata dapat menghasilkan buku yang luar biasa. 

"Terimakasih banyak kepada seluruh Dosen Pembimbing, Para Pendamping seluruh ketua KUA, seluruh mahasiswa PKL Hebat dan khususnya kepada bapak dekan yang merupakan senior paling berjasa dalam hidup saya," tuturnya sembari melanjutkan dengan menceritakan kilas balik pengalaman beliau. 

Di akhir sambutannya, Muslim menyampaikan  bahwa ini adalah sejarah baik yang ditinggalkan oleh mahasidwa PKL angkatan tahun 2024 dan harapannya buku ini akan menjadi role model bagi mahasiswa-mahasiswa PKL angkatan berikutnya agar bisa menghasilkan karya yang sama dengan tema berbeda. 

Acara Penarikan ini sekaligus mengakhiri secara resmi rangkaaian kegiatan PKL yang trlah dimulai sejak 13 januari lalu. Penarikan mahasiswa PKL resmi dilaksanakan di Aula Kemenag Lumajang. Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Kemenag Lumajang ini, dihadiri oleh Kepala Kemenag Lumajang, Dekan Fakultas Dakwah, para DPL serta seluruh mahasiswa peserta PKL.  


Koordinator Media Center: Zulfan Nabrisah 
Penulis: Abdul Choliq 
Editor: Nuzul Ahadiyanto, Firdaus Dwi Cahyo Kurniawan 

Berita Terbaru

Keterampilan Komunikasi yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Psikologi, Simak Baik-baik!
04 May 2024By dakwah
Rapat Kerja Pimpinan 2024: Menuju Fakultas Dakwah yang Transformatif, Cerdas dan Membebaskan
02 May 2024By dakwah
Dua Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Berhasil Publish Artikel Jurnal di Konferensi Internasional UIN SUKA Yogyakarta
22 Apr 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;