fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Bansos HMPS MD Fakultas Dakwah di Masa Pandemi

Home >Berita >Bansos HMPS MD Fakultas Dakwah di Masa Pandemi
Diposting : Rabu, 04 Nov 2020, 23:02:41 | Dilihat : 669 kali
Bansos HMPS MD Fakultas Dakwah di Masa Pandemi


Pentingnya keberadaan mahasiswa dalam masyarakat sebagai agen perubahan (agent of change). Dimana mahasiswa di dalam lingkungan kampus tidak hanya dituntut untuk berpikir kritis tapi juga dapat mengaplikasikan segala pengetahuannya di kampus ke tengah-tengah masyarakat. Selain itu perlunya kegiatan yang dapat menampung kreatifitas dan kreasi mahasiwa agar berguna bagi masyarakat. Contoh kegiatan nyatanya yang dilakukan oleh Fakultas Dakwah Program Studi Manajemen Dakwah adalah melalui BANSOS (Bantuan Sosial). Ini sangat penting karena dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan antara mahasiswa baru dan seluruh civitas Fakultas Dakwah, selain itu juga dapat menumbuhkan rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan di sekitar maupun di lingkungan masyarakat nantinya. Kegiatan  BANSOS tahun ini dilaksanakan di Kecamatan Mumbul Sari Desa Sumber Tengah.

Tujuan diadakan kegiatan ini :

a. Menumbuhkan semangat mahasiswa dalam aksi sosial membantu masyarakat, dan menerapkan aspek tri darma perguruan tinggi dalam pengabdian pada masyarakat.
b. Terbentuknya kepedulian mahasiswa dalam merawat kesatuan persatuan dalam kepedulian dan dibungkus nilai kemanusiaan,
c. Menjadikan program study Manajemen Dakwah sebagai prodi yang peduli terhadap kondisi sosial.

Persiapan kegiatan Bakti Sosial di laksanakan pada waktu kuliah online (awal masuk kuliah) tahun 2020. Rapat Bakti Sosial 2020 dilakukan pada hari yang telah disepakati bersama  sebelumnya. Rapat sering dilakukan melalui group WhatsApp kepengusrusan HMPS Manajemen Dakwah. Undangan rapat biasanya melalui pesan singkat (Chat person) maupun telah disepakati pada rapat sebelumnya. Suasana pada rapat termasuk kondusif, dan panitia juga selalu meminta saran pada senior dari Program Studi Manajemen Dakwah.

Kegiatan Bakti Sosial 2020 dilaksanakan pada tanggal 20 September 2020, pukul 09.00 wib - selesai. Kegiatan  Bantuan Sosial tahun ini dilaksanakan di Kecamatan Mumbul Sari Desa Sumber Tengah. Adapun tema yang diangkat pada kegiatan Bantuan Sosial yaitu “Lawan Pandemi Virus Corona, Sejahtera Hidup Masyarakat”.

Para panitia dihimbau untuk berkumpul di Segitiga depan Gedung Kuliah Terpadu IAIN Jember pada pukul 09.00 wib, untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan serta melakukan persiapan pemberangkatan.

Para peserta sudah mulai berkumpul di lokasi kegiatan dari pukul 8.00-8.30 WIB. Selanjutnya para peserta dipersilahkan untuk melakukan doa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pukul 9.00 wib, para peserta sudah mulai menyebar ke wilayah bantuan sosial yang telah dibagi sebelumnya yang dipandu oleh panitia. Untuk semua peserta menggunakan kendaraan sepeda motor, dengan jumlah maksimal 2 orang per motor.Beberapa panitia turut serta menyertai peserta dalam perjalanan ke Desa Sumber Tengah.

Selama kegiatan bakti sosial, peserta melakukan pembagian berupa bahan pangan dan bahan pokok kepada masyarakat Desa Sumber Tengah yang di kirakan tidak mampu. 

Pukul 15.00 wib, panitia dan peserta berbaris rapi untuk besiap-siap dan kembali ke kampus.

Berita Terbaru

Keterampilan Komunikasi yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Psikologi, Simak Baik-baik!
04 May 2024By dakwah
Rapat Kerja Pimpinan 2024: Menuju Fakultas Dakwah yang Transformatif, Cerdas dan Membebaskan
02 May 2024By dakwah
Dua Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Berhasil Publish Artikel Jurnal di Konferensi Internasional UIN SUKA Yogyakarta
22 Apr 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;