fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Dua Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Berhasil Publish Artikel Jurnal di Konferensi Internasional UIN SUKA Yogyakarta

Home >Berita >Dua Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Berhasil Publish Artikel Jurnal di Konferensi Internasional UIN SUKA Yogyakarta
Diposting : Senin, 22 Apr 2024, 08:44:44 | Dilihat : 125 kali
Dua Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Berhasil Publish Artikel Jurnal di Konferensi Internasional UIN SUKA Yogyakarta


Jember, Media Center Fakultas Dakwah - Kembali mengharumkan nama Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember, 2 Mahasiswa yang bernama Wasilah dan Adam Rizki Purnawan ini terpilih menjadi Penulis Artikel dalam Prosiding International Conference of Religion, Science and Education 2023 yang diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Edukasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan mengangkat judul “Muslims Are Not Moral Agents: A Study of Religious Crosshijaber In Social Media Islamic Psychological Perspective and Relevance with Religious Moderation in Indonesia”.

Melihat latar belakang kedua mahasiswa ini yang berasal dari Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) menjadi suatu alasan mengambil judul tersebut. sebagaimana yang diungkap oleh wasilah “menariknya fenomena itu kerap terjadi di lingkungan sekitar bahwa di sosial media seperti instagram, youtube dan lainnya dimana konten edukasi yang memperlihatkan laki-laki yang menyerupai perempuan begitu juga sebaliknya. Sehingga timbul rasa penasaran untuk mengulik motif perilaku tersebut padahal dalam sudut pandang psikologi islam sendiri itu perbuatan yang dilarang. Dan menghubungkannya dengan moderasi beragama dari bagaimana menyikapi hal tersebut tanpa klaim bahwa itu adalah tindakan yang salah itu pointnya”.

Menurut pengamatan tim media center, lika-liku perjalanan keduanya pun tidaklah mudah, butuh menguras banyak waktu, energi dan pikiran mulai dari Oktober 2023 hingga baru bisa di publish 2024 ini. Tahapannya dari penulisan abstrak, pengumpulan full paper, presentasi, proses review yang pastinya ada seleksi tiap tahapnya hingga dirasa artikel ini layak publish atau tidak.

Perjuangan keduanya tak luput dari dari berbagai tantangan seperti “rasa malas sih, namun saling memotivasi untuk maju bersama sehingga malas itu tidak jadi. Juga kesibukan masing-masing sehingga selalu menyempatkan komunikasi satu sama lain untuk mencapai target yang diinginkan” ucap Wasilah.

“Ingin membagikan tips agar bisa berhasil publish artikel jurnal yaitu konsisten menulis dengan itu akan mendapatkan hasilnya dimulai 1 hari 1 halaman dan tak lupa rajin membaca karena menulis dan membaca itu satu paket yang tidak dapat dipisahkan” imbuhnya.

Adapun tanggapan Suryadi, salah satu dosen program studi BKI yang membina kedua mahasiswa tersebut di HMPS “Bangga pastinya karena tidak semua mahasiswa dapat membuat jurnal tulisannya diterima dan keluar dari lingkungan uin. Berawal dari HMPS mengadakan kajian jurnal-jurnal dengan saya memberikan wawasan, pemahaman dan yang eksekusi agar bisa upgrade dan update dalam menulis jurnal, memiliki mental kuat dalam mempresentasikan karya ilmiahnya dan juga hasil dari presentasi sangat dibutuhkan oleh fakultas dan akreditasi prodi”.

Beliau juga berharap ada bibit yang lain yang dapat berpartisipasi dalam karya tulisan ilmiah, bukan hanya berkuliah saja. Mereka dapat berkompetensi dan menjadi motivasi sendiri bagi lainnya karena beliau percaya tiap mahasiswa itu memiliki potensi untuk menulis, tinggal fakultas memberikan wadah, tempat dan apresiasi apalagi berkaitan dengan prodi jalur akademik.

Koordinator Media Center : Zulfan Nabrisah
Penulis: Intan Permatasari
Editor : Nuzul Ahadiyanto, Firdaus Dwi

Berita Terbaru

Rapat Kerja Pimpinan 2024: Menuju Fakultas Dakwah yang Transformatif, Cerdas dan Membebaskan
02 May 2024By dakwah
Dua Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Berhasil Publish Artikel Jurnal di Konferensi Internasional UIN SUKA Yogyakarta
22 Apr 2024By dakwah
Biro Konseling dan Layanan Psikologi Fakultas Dakwah Ajak Generasi Muda Berani Unjuk Personal Branding
05 Apr 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;