fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Fakultas Dakwah Ikhtiar Meningkatkan Mutu Akreditasi Program Studi

Home >Berita >Fakultas Dakwah Ikhtiar Meningkatkan Mutu Akreditasi Program Studi
Diposting : Senin, 17 Jul 2023, 16:25:54 | Dilihat : 123 kali
Fakultas Dakwah Ikhtiar Meningkatkan Mutu Akreditasi Program Studi


Fakultas Dakwah mempersiapkan peningkatan mutu dalam pengembangan kelembagaan. Bertempat di Aula Lantai 2 Fakultas Dakwah, acara Bimtek Peningkatan Mutu Kreditasi Program Studi Fakultas Dakwah berjalan dengan lancar. Acara ini menghadirkan dua pemateri yaitu Prof. Dr. Ir. Sholeh Avivi, M.Si (Dosen Universitas Jember) dan Dr. H. Mursalim, M.Ag. (Ketua LPM UIN KHAS Jember). Turut hadir dalam acara tersebut yaitu dekan, jajaran wakil dekan, koordinator prodi, Gugus Mutu Fakultas (GMF) dan Unit Kendali Mutu (UKM) prodi. Dalam sambutannya Ketua Panitia H. Zainul Fanani berpesan supaya tim GMF dan UKM Fakultas Dakwah harus terus berikhtiar untuk meningkatkan mutu di lingkungan fakultas. Selanjutnya Dekan Prof. Ahidul Asror, M.Ag. Fakultas Dakwah menyampaikan bahwa ”GMF memiliki tugas secara berkelanjutan untuk melakukan peningkatan mutu, monitoring, dan pengawasan kerja fakultas”. Acara dilaksanakan pada hari Senin Tanggal 17 Juli 2023, berlangsung mulai pagi jam 08.00 hingga jam 15.30. Pemateri membawakan materi berupa Tip dan Triks Akreditasi 9 Kriteria, serta Teknik Penyususnan Akreditasi 9 Kriteria.  

”Mutu Program Studi tidak bisa lepas dari akreditasi secara umum, sehingga kata kunci utama untuk meningkatkan mutu prodi adaalah Ikhlas dan niatkan ibadah untuk mengabdikan diri demi kemajuan Lembaga” pesan Prof. Dr. Ir. Sholeh Avivi, M.Si. Selanjutnya pemateri dari UNEJ ini juga menambahkan informasi jika ingin baik dalam membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) maka harus menikuti kaidah ”write what you do, do what you write”. Dengan demikian, apa yang dilakukan dan dijalankan oleh Fakultas selama ini harus dituliskan menjadi SOP, dan lakukan apa yang menjadi proses pelayanan di fakultas sesuai yang telah ditulis dalam SOP tersebut. Ketua LPM UIN KHAS Jember juga menambahkan semangat untuk meningkatkan mutu Fakultas Dakwah. ”Kedepan kewajiban penjaminan mutu harus disesuaikan dengan tempatnya, penjamin mutu ranah fakultas dikembalikan pada GMF dan UKM yang akan menjadi garda terdepan peningkatan mutu di tingkat fakultas dan prodi” pesan Dr. H. Mursalim, M.Ag. Pembuatan pedoman akademik fakultas dan SOP pada tingkatan fakultas harus berprinsip pada pesan kuno ”berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”. Artinya tidak ada pekerjaan berat untuk mengembangkan mutu fakultas dan prodi jika semua pekerjaan dilakukan secara bersama dan demi mewujudkan cita-cita bersama. (FADA/NNS)

Berita Terbaru

Webinar Literasi Digital & Artificial Intelligence
27 Aug 2023By dakwah
Ikuti Tren Dunia Pendidikan serta Sesuai Kebijakan Kemenag Terbaru Jadi Arah Kebijakan Program Fakultas Dakwah.
28 Jul 2023By dakwah
Rakerpim 2023: Problem Solving dan Optimisme untuk Perbaikan Kinerja, Dekan dan Civitas Academica Fakultas Dakwah akan Terus Bekerja sebagai Mitra
27 Jul 2023By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;