fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

FAKULTAS DAKWAH JADI FAVORIT TUJUH TURUNAN

Home >Berita >FAKULTAS DAKWAH JADI FAVORIT TUJUH TURUNAN
Diposting : Senin, 12 Feb 2024, 19:27:31 | Dilihat : 173 kali
FAKULTAS DAKWAH JADI FAVORIT TUJUH TURUNAN


Jember, Media Center Fakultas Dakwah - Fakultas Dakwah merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, yang memiliki program melahirkan dai, konselor, penyiar dan jurnalis muslim yang memiliki akhlak mulia, penyuluh agama, dan praktisi psikologi. Saat ini Fakultas Dakwah memiliki lima program studi, yakni Managemen Dakwah, Komunikasi Penyiaran Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Bimbingan Konseling Islam, dan Psikologi Islam.

Kelima Program studi tersebut telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dengan memiliki 63 dosen tenaga pendidik yang terdiri dari 2 Guru Besar, 13 Doktor, dan 48 dosen bergelar akademis Magister yang berkompeten di bidangnya masing-masing, sehingga Fakultas Dakwah tidak hanya jadi favorit 7 turunan, namun selalu menjadi incaran calon mahasiswa. 

Mengapa memilih fakultas dakwah? 
Alasan memilih Fakultas Dakwah banyak sekali, bukan hanya sekedar menjadi penceramah saja, karena ruang lingkup Fakultas Dakwah sangat luas dan beragam, tapi Fakultas dakwah bukan untuk orang sembarangan. 
Dekan Fakultas Dakwah, Dr. fawaizul Umam M. Ag menyebutkan bagi calon mahasiswa yang masih bingung dan belum tahu apa saja yang ditawarkan Fakultas Dakwah, mungkin bisa melihat ulasan berikut agar dapat meyakinkan hati memilih fakultas ini : 

1. Pengembangan Masyarakat Islam

Peluang kerja alumni Pengembangan Masyarakat Islam sangat luas seperti di kementerian desa, kementerian sosial dan BKKBN.
Pengembangan Masyarakat Islam mencetak pekerja sosial profesional karena dibekali mata kuliah teoritis dan praktis.

2. Psikologi Islam 

Memiliki dosen yang merupakan akademisi dan praktisi dalam bidang psikologi klinis, pendidikan, industri dan organisasi.
Memiliki kesempatan untuk melakukan praktikum di laboratorium maupun di biro psikologi, tempat terapi, sekolah inklusi dan sekolah luar biasa serta perusahaan berdasarkan peminatan di bidang klinis, sosial, pendidikan dan perkembangan serta industri dan organisasi.
Lulusannya akan menjadi ilmuwan psikologi yang bisa bekerja sebagai asisten psikolog, HRD, guru pendamping khusus, peneliti psikologi, dll..

3. Bimbingan Konseling Islam

Karena ada konseling keluarga yang di dalamnya diajarkan tentang dinamika keluarga, ketahanan keluarga, dan pelaksanaan konseling keluarga beserta teknik pendekatannya.
Alasan mengapa memilih BKI karena mengajarkan tentang konseling anak berkebutuhan khusus yang didalamnya berfokus pada konseling anak tuna grahita, anak tuna rungu, tuna wicara. 
selain dari kedua peminatan tersebut dalam BKI diajarkan tentang perawatan rohani islam yang berfokus pada perawatan rohani bagi orang sehat dan orang sakit. Sedangkan pelaku atau rohaniawan yang ada di rumah sakit lebih banyak dilakukan oleh kalangan non profesional (seperti ustad dan agamawan), mereka tidak banyak dibekali tentang sisi psikologis dan pendekatan konselingnya.

4. Komunikasi Penyiaran Islam 

Memiliki dosen pengajar akademisi dan praktisi 
Bagi yang suka berinteraksi dengan banyak orang dan bekerja di bidang pekerjaan yang mengharuskan bekerja sama dengan orang lain, maka KPI akan sangat sesuai.
Punya bakat dan keterampilan serta keberanian tampil di depan umum? KPI sangat cocok karena nantinya seorang lulusan fakultas ini bisa bekerja sebagai public speaker
Peluang kerja alumni KPI bisa jadi penyiar dan jurnalis muslim, karena dalam mata kuliahnya diberikan pembelajaran jurnalistik dan kepenyiaran.  
Peluang kerja alumni KPI bisa jadi content creator, karena dalam mata kuliahnya diberikan pembelajaran Production House

5. Manajemen Dakwah

Memberikan pembelajaran bagaimana berdakwah sekaligus melakukan manajemen untuk menjalankan sebuah lembaga atau organisasi.
Punya keinginan berbisnis di dunia travel haji dan umroh dengan cara yang benar dan halal? Maka tidak akan salah pilih apabila memilih MD, karena dalam mata kuliahnya diberikan pembelajaran konsentrasi manajemen haji dan umroh.
Bagi banyak orang Fakultas Dakwah bertujuan menghasilkan seorang penceramah.

Semoga dengan melihat beberapa ulasan diatas, keraguan calon mahasiswa dapat teratasi untuk memilih Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember yang sangat menarik ini.


Koordinator Media Center: Zulfan Nabrisah
Penulis: Abdul Choliq
Editor: Nuzul Ahadiyanto, Firdaus Dwi Cahyo Kurniawan 

Berita Terbaru

Rapat Kerja Pimpinan 2024: Menuju Fakultas Dakwah yang Transformatif, Cerdas dan Membebaskan
02 May 2024By dakwah
Dua Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Berhasil Publish Artikel Jurnal di Konferensi Internasional UIN SUKA Yogyakarta
22 Apr 2024By dakwah
Biro Konseling dan Layanan Psikologi Fakultas Dakwah Ajak Generasi Muda Berani Unjuk Personal Branding
05 Apr 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;