fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Fakultas Dakwah Rumuskan Kurikulum Berstandar KKNI

Home >Berita >Fakultas Dakwah Rumuskan Kurikulum Berstandar KKNI
Diposting : Kamis, 22 Mar 2018, 14:04:12 | Dilihat : 1875 kali
Fakultas Dakwah Rumuskan Kurikulum Berstandar KKNI


IAIN Jember- Fakultas Dakwah IAIN Jember terus bekerja keras dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan Fakultas yang lebih baik lagi, salah satunya melalui kegiatan Rapat koordinasi dan evaluasi (Rakorev) kurikulum disetiap Program studi yang dikembangkan oleh Fakultas Dakwah. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari (21-23/03) ini diikuti oleh pengelola program studi, pejabat dekanat, serta Dosen-dosen dilingkungan Fakultas Dakwah.

Hasil Rakorev ini diupayakan mampu menghasilkan desain kurikulum berstandar KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia),  seingga desain kurikulum ini kedepan dapat menjadi instrumen penting dalam menghasilkan lulusan yang lebih produktif, kreatif, inovatif, afektif melalui penguatan Sikap, Keterampilan dan Pengetahuan yang terintegrasi.

Berlaku sebagai Fasilitator dalam Rakorev ini adalah Dr. Nur Fitriyatin, M.Pd asal Universitas Islam Negeri Sunan ampel Surabaya. Sebagai penegasan Fitriyatin memberikan penekan bahwa standar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan pada setiap prodi dilingkungan fakultas Dakwah.

Menurutnya capaian pembelajaran akan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi pembelajaran , standar proses pembelajaran, standar penilaian pembelajaran, standar Dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana pembelajaran, standar pengelolaan pembelajaran, dan standar pembiayaan pembelajaran yang diselenggarakan di fakultas Dakwah IAIN Jember.

Hal serupa juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Dakwah IAIN Jember, Dr. Ahidul Asror, M.Ag. Menurutnya rumusan capaian pembelajaran dimasing-masing prodi harus bisa disusun atas dasar visi fakultas dakwah yang telah dirumuskan sebelumnya, yakni  menyelenggarakan ilmu dakwah dan ilmu sosial untuk mencetak da’I professional yang peduli terhadap masalah sosial dan berkomitmen mengembangkan nilai-nilai Islam nusantara dengan wawasan global.

Selain itu tantangan masa depan seperti Globalisasi, masalah lingkungan hidup, termasuk masalah keagamaan, Kemajuan teknologi informasi, Konvergensi Ilmu dan teknologi, dan tantangan lain juga harus menjadi dasar untuk merancang bagaimana kompetensi lulusan harus disiapkan dimasing-masing program studi yang ada dilingkungan fakultas Dakwah.

Wakil Dekan I Bidang Akademik, ST. Raudhatul Jannah, M.Med.Kom memperjelas bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan koordinasi dan evaluasi kurikulum yang pernah dilakukan beberapa bulan sebelumnya, bagi jannah menyusun kurikulum membutuhkan tenggang waktu, karenanya kurikulum ini harus disusun dengan lebih hati hati. "keterlibatan dosen-dosen dalam koordinasi dan evaluasi ini sangat menentukan mutu kurikulum masing-masing prodi". Ungkapnya.

Sementara, hingga saat ini terdapat lima program studi yang sedang dikembangkan oleh fakultas Dakwah IAIN Jember, masing-masing adalah prodi komunikasi dan penyiaran islam (KPI), Bimbingan Konseling Islam (BKI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Manajemen Dakwah, dan Psikologi Islam. (Minan Jauhari)

Berita Terbaru

Fakultas Dakwah Gelar Yudisium ke-27 dengan Prestasi Gemilang dari Para Yudisi
17 Feb 2024By dakwah
PKL Mahasiswa Dakwah UIN KHAS Hasilkan Buku Moderasi Beragama
13 Feb 2024By dakwah
PKL BERAKHIR, KEMENAG SITUBONDO RESMI LEPAS 91 MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH KEMBALI KE KAMPUS
13 Feb 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;