fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember Lepas 448 Mahasiswa PPL, Siap Terjun Lapang

Home >Berita >Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember Lepas 448 Mahasiswa PPL, Siap Terjun Lapang
Diposting : Selasa, 30 Jul 2024, 07:52:05 | Dilihat : 253 kali
Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember Lepas 448 Mahasiswa PPL, Siap Terjun Lapang


Jember, Media Center Fakultas Dakwah - Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember melaksanakan Pembekalan dan Pelepasan Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Tahun Akademik 2024/2025 di Halaman Fakultas Dakwah, pada Senin kemarin (29/7/24).

Fakultas Dakwah resmi melepas 448 mahasiswa yang akan melaksanakan PPL mulai dari 5 Agustus sampai 7 Oktober 2024. Mahasiswa ditempatkan di 118 lokasi yang terdiri atas Sekolah Umum, Sekolah Luar Biasa, Pondok Pesantren, Stasiun Televisi dan Radio, Kementerian Agama, dan Perusahaan.

Lokasi yang ditempati PPL bukan hanya meliputi wilayah TAPAL KUDA (Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, sebagian wilayah Pasuruan, Situbondo, dan Probolinggo) saja, melainkan menjangkau hingga wilayah kota metropolitan seperti Surabaya, Gresik, Yogyakarta dan Bali.

Upacara pembukaan sekaligus pelepasan mahasiswa PPL Fakultas Dakwah ini menjadi sangat istimewa dengan kehadiran Rektor UIN KHAS, Prof. Hepni yang menyampaikan sambutannya "Kegiatan PPL ini bukan hanya penggugur kewajiban akademik tapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui instansi tersebut. Dibutuhkan kesiapan mental, kreativitas, dan penguasaan materi ketika hadir di tempat baru dan memberikan warna baru dengan keahlian di program studi masing-masing. Itulah yang dapat membedakan Fakultas Dakwah dengan yang lain" Ujarnya.

Dr. Fawaizul Umam, Dekan Fakultas Dakwah menyampaikan "Bahwa PPL merupakan salah satu tahapan penting yang dilalui semua mahasiswa terutama di Fakultas Dakwah yang nanti pada akhirnya akan menyandang gelar Sarjana, juga menjadi manifestasi atas teori yang telah didapatkan selama di bangku perkuliahan ke masing-masing tempat magang dan tak lupa menjadikan pengalaman yang didapat dari sana sebagai bentuk pengayaan diri sendiri" dalam sambutannya.

Lanjut dalam sesi pembekalan yang dilakukan oleh masing-masing Program studi yang menghadirkan Profesional di bidangnya mulai Bimbingan Konseling Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Manajemen Dakwah, dan Psikologi Islam dengan tempat yang berbeda.

Nadia Maria, M. Psi, Psikolog merupakan Psikolog Klinis yang menjadi salah satu narasumber pembekalan di Program Studi Psikologi Islam menyampaikan tentang "Kesiapan Mental, Etika dan Pengembangan Diri di Tempat Magang" agar mewujudkan simbiosis mutualisme antara mahasiswa, kampus dan lembaga instansi tempat magang.

Koordinator Media Center : Zulfan Nabrisah
Penulis: Intan Permatasari
Editor : Nuzul Ahadiyanto, Firdaus Dwi

Berita Terbaru

Seluruh Ruang Kuliah Akan Dipasang Smart Teve
16 Sep 2024By dakwah
Komunikasi Literasi Digital Berbasis AI Harus Mencerdaskan
16 Sep 2024By dakwah
Deteksi Dini Cegah Bunuh Diri di Kalangan Mahasiswa
16 Sep 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;