fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

IAIN Jember Gelar Pekan Muktamar Keilmuan, Ini Agendanya

Home >Berita >IAIN Jember Gelar Pekan Muktamar Keilmuan, Ini Agendanya
Diposting : Kamis, 26 Apr 2018, 07:52:55 | Dilihat : 1724 kali
IAIN Jember Gelar Pekan Muktamar Keilmuan, Ini Agendanya


Humas --- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember akan menggelar Pekan Muktamar Keilmuan. Pelbagai rangkain kegiatan telah disiapkan untuk mewarnai perhelatan semarak akademik sekaligus sosialisasi IAIN Jember. Sebagai pembuka, serangkaian acara akan dilaksanakan tanggal 28 hingga 30 April 2018.

Rektor IAIN Jember Babun Suharto mengatakan, Muktamar Keilmuan menjadi kegiatan unggulan yang diwujudkan dalam rangkain kajian ilmiah yang akan berlangsung di IAIN Jember. “Rangkaian acara sejak tanggal 28 hingga 30 April 2018 menjadi penanda dimulainya Pekan Muktamar Keilmuan IAIN Jember. Setelah hari raya Idul Fitri, pelbagai kajian ilmiah dan kegiatan seminar nasional serta internasional akan berlangsung di masing-masing Fakultas dan Pascasarjana IAIN Jember, ” ungkap Babun Suharto, Rabu (25/04), di Jember.

Dalam rangkaian pembuka itu, menurut Babun, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam dijadwalkan hadir di IAIN Jember. “Alhamdulilah, Pak Sekjend berkenan hadir di IAIN Jember untuk mengisi pelbagai kegiatan rangkaian pembuka Pekan Muktamar Keilmuan,” terang Rektor .

Ditambahkan Babun, Muktamar Keilmuan IAIN Jember menggunakan prinsip tiga O yaitu Olah Pikir, Olah Hati dan Olah Raga. “Rangkaian kegiatan kedepan yang dilaksanakan akan mencerminkan tiga hal itu,”, tambahnya.

Berikut agenda pembuka Pekan Muktamar Keilmuan IAIN Jember yang sudah disiapkan:

Rapat Senat Terbuka dan Orasi Ilmiah

Rapat Terbuka Senat Institut Agama Islam Negeri Jember merupakan wisuda program sarjana ke-29 dan wisuda program magister ke-12. Gelaran wisuda ini akan dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI dan akan memberikan orasi ilmiah, bimbingan dan arahan kepada para wisudawan. Selain dihadiri segenap civitas akedemika IAIN Jember, wisuda ini juga dihadiri perwakilan Pemda, tokoh masyarakat dan para wali wisuda. Wisuda Program Sarjana dan Program Magister akan berlangsung Sabtu (28/04) pukul 07.30-12.00 di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) IAIN Jember.

Temu Persemakmuran PTKIN eks-Cabang Sunan Ampel

Temu Persemakmuran Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) eks-cabang IAIN Sunan Ampel merupakan agenda tahunan dengan tuan rumah yang bergantian. Temu persemakmuran ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi kerjasama antar perguruan tinggi dalam meningkatkan mutu kelembagaan dan tata kelola. Dalam temu persemakmuran, akan didiskusikan kerjasama, misalnya inisiasi kerjasama Kuliah Kerja Nyata (KKN) antar perguruan tinggi persemakmuran Sunan Ampel, sinergi penguatan kelembagaan melalui penguatan jurnal konsorsium, penguatan distingsi kelembagaan, dan pelbagal isu strategis lainnya.

Pimpinan perguruan tinggi persemakmuran eks-cabang Sunan Ampel akan hadir sejak hari Sabtu hingga Senin (28-30 April 2018) di IAIN Jember. Unsur pimpinan yang akan hadir mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana,  Wakil Direktur Pascasarjana, Kepala Biro, serta unsur pimpinan lainnya. Adapun perguruan tinggi yang tergabung dalam persemakmuran eks-cabang Sunan Ampel, yaitu: UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Mataram, IAIN Jember, IAIN Tulungagung, IAIN Samarinda, IAIN Ponorogo, IAIN Kediri dan IAIN Madura.

Mlaku Bareng

Semarak pembuka Pekan Muktamar Keilmuan IAIN Jember akan dimeriahkan dengan kegiatan Mlaku Bareng yang  akan diikuti civitas akademika IAIN Jember dan masyarakat umum. Kegiatan ini diharapkan dapat menjalin silaturrahim lebih dekat antara IAIN Jember dengan masyarakat umum.

Panitia telah menyiapkan sejumlah doorprize, antara lain: 1 paket umrah gratis, 2 unit sepeda motor, 4 buah TV, 10 sepeda gunung, santunan anak yatim dan dhuafa, dan puluhan door prize lainnya. Kegiatan ini berlaku untuk umum dan gratis. Peserta cukup membawa fotocopy KTP. Kegiatan Mlaku Bareng civitas akademika IAIN Jember dengan Sekretaris Jenderal Kemenag RI akan dilaksanakan hari Minggu, tanggal 29 April 2018 pukul 05.30 sampai 08.00 dengan jumlah peserta diperkirakan mencapai 15.000 orang.

Temu Alumni

Temu Alumni IAIN Jember adalah ajang silaturahmi dan ajang kebersamaan sehingga dapat menampung banyak ide dan gagasan serta bersama membangun dan membesarkan institusi IAIN Jember.
Peresmian Gedung SBSN FTIK

Peresmian gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) IAIN Jember yang dibangun dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam. Gedung yang digunakan untuk perkuliahan dan aktifitas akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan ini berdampingan dengan gedung perpustakaan IAIN Jember. Konstruk bangunannya berdiri megah dengan 7 lantai dengan berciri khas IAIN Jember. Peresmian gedung FTIK ini akan berlangsung Minggu (29/04) pukul 08.00-09.30.

IAIN Jember Bershalawat

Seluruh Civitas akademika IAIN Jember dan masyarakat umum akan melantunkan shalawat bersama Majlis Dzikrul Ghofilin Jember pimpinan Gus Baiqun. Kegiatan ini merupakan bagian dari Olah Hati civitas akademikan IAIN Jemberi. Kegiatan ini akan berlangsung hari Minggu (29/04) pukul 19.00-21.30.

Seminar Nasional

Seminar Nasional dengan tema Islam Nusantara dan Komitmen Kebangsaan untuk menegaskan visi dan misi serta tagline IAIN Jember sebagai Pusat Kajian dan Pengembangan Islam Nusantara. Narasumber dalam seminar ini antara lain Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Sirozi, Ph.D, Wakil Direktur Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya Prof. Masdar Hilmy, Ph.D dan akademisi IAIN Jember Dr. Fawaizul Umam. Seminar ini akan dilaksanakan hari Senin (30/04) pukul 08.00-12.00.

Setelah rangkain itu, dalam beberapa bulan kedepan IAIN Jember akan menggelar kajian ilmiah dan Seminar baik nasional dan internasional sebagai perwujudan dari program Muktamar Keilmuan IAIN Jember. (wildan/humas)

Berita Terbaru

Dua Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Berhasil Publish Artikel Jurnal di Konferensi Internasional UIN SUKA Yogyakarta
22 Apr 2024By dakwah
Biro Konseling dan Layanan Psikologi Fakultas Dakwah Ajak Generasi Muda Berani Unjuk Personal Branding
05 Apr 2024By dakwah
Fakultas Dakwah Gelar Yudisium ke-27 dengan Prestasi Gemilang dari Para Yudisi
17 Feb 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;