fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

IAIN Jember Jalin Kerjasama dengan Perpusnas RI

Home >Berita >IAIN Jember Jalin Kerjasama dengan Perpusnas RI
Diposting : Kamis, 22 Mar 2018, 15:52:12 | Dilihat : 1473 kali
IAIN Jember Jalin Kerjasama dengan Perpusnas RI


IAIN Jember – Untuk meningkatkan pelayanan serta pengembangan perpustakaan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember melakukan kerjasama dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia. Penandatanganan kerjasama itu dilaksanakan dalam rangkaian Rapat Kerja Nasional Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN) di Pangkalpinang, Bangka Belitung, 21-23 Maret 2018.

Rektor IAIN Jember Babun Suharto mengatakan bahwa keberadaan perpustakaan adalah jantung perguruan tinggi. Karena itu, ia menyambut baik penandatanganan kerjasama dengan perpusnas. “Kami memiliki komitmen yang tinggi untuk terus meningkatkan pelayanan serta memperluas jejaring dalam rangka pengembangan mutu perpustakaan. Kami berharap kerja sama ini memiliki kontribusi positif untuk pengembangan perpustakaan dari pelbagai aspek,” demikian dikatakan Babun, Kamis (22/3) di  Pangkal Pinang, Belitung.

Dikatakan Babun, kerjasama dengan Perpusnas RI diwujudkan dalam banyak hal. Selain untuk pengembangan sumber daya manusia bidang perpustakaan, juga meliputi pengembangan pangkalan data Katalog Induk Nasional (KIN) dan repository digital OneSearch (IOS). “Kerjasama ini tentu menjadi titik awal perluasan jejaring perpustakaan IAIN Jember dalam lingkup nasional dan internasional”, harap rektor.

Kepala Perpusatakaan IAIN Jember Alfisyah Nurhayati menuturkan bahwa IAIN Jember dengan beberapa perguruan tinggi negeri keagamaan Islam (PTKIN) lainnya, tergabung dalam Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN). FKP2TN merupakan organisasi nirlaba yang bekerja untuk mewadahi dan membina kerjasama antara Perpustakaan-Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

“Selain melakukan penandatangan kerjasama dengan Perpusnas, kehadiran IAIN Jember pada forum FKP2TN ini juga untuk mengikuti rapat kerja nasional dalam menentukan arah kebijakan dan mengidentifikasi peluang serta tantangan pelaksanaan kerjasama antar Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri,” ungkap Alfish.

Menurut Alfish, dengan menjadi anggota FKP2TN, maka IAIN Jember dapat melakukan banyak hal. Antara lain, untuk membangun wahana kerjasama dan collaborative actions dalam pengembangan perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia.  Selain itu, forum juga dapat dimanfaatkan untuk membangun komunikasi ilmiah  yang menjamin transfer ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kami bersyukur, kerjasama dengan Perpunas dapat kami lakukan. Hal itu terwujud berkat keanggotaan IAIN Jember dalam Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi’,” kata Alfish.

“Ke depan, kami intens dan juga memiliki komitmen untuk mengkampanyekan gerakan Open Access baik pada level nasional, regional dan internasional,” sambungnya.

Sebagai informasi, sejumlah PTKIN juga tergabung dalam FKP2TN ini. Dalam kegiatan ini, serangkaian kegiatan akan digelar, selain penandatanganan Naskah Kerjasama, juga workshop dan Seminar Nasional. (wildan/humas)

Berita Terbaru

Dua Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Berhasil Publish Artikel Jurnal di Konferensi Internasional UIN SUKA Yogyakarta
22 Apr 2024By dakwah
Biro Konseling dan Layanan Psikologi Fakultas Dakwah Ajak Generasi Muda Berani Unjuk Personal Branding
05 Apr 2024By dakwah
Fakultas Dakwah Gelar Yudisium ke-27 dengan Prestasi Gemilang dari Para Yudisi
17 Feb 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;