fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

IAIN Jember Tuan Rumah Munas Mazawa se-Indonesia

Home >Berita >IAIN Jember Tuan Rumah Munas Mazawa se-Indonesia
Diposting : Senin, 02 Apr 2018, 11:52:29 | Dilihat : 1722 kali
IAIN Jember Tuan Rumah Munas Mazawa se-Indonesia


IAIN Jember - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musyawarah Nasional Mahasiswa Manajemen Zakat dan Wakaf (Mazawa) se-Indonesia. Musyawarah Nasional Mazawa ini adalah Munas pertama yang diselenggarakan untuk menguatkan sinergi mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf seluruh Perguruan Tinggi Islam se-Indonesia.

Rektor IAIN Jember Babun Suharto mengapresiasi penyelenggaraan Munas Mazawa ini. Menurutnya, mahasiswa prodi Mazawa memiliki prospek yang baik. Menurut Babun, saat ini kondisi nasional, lembaga zakat masih kekurangan sumber daya manusia. Sementara, pemerintah sedang gencar untuk mengelola zakat dan wakaf secara profesional. “Kiprah dan peran mahasiswa program studi zakat dan wakaf dinanti oleh pelbagai lembaga. Karena itu, Munas ini menjadi momentum untuk aktualisasi diri menjadi bagian dari sumber daya manusia bidang zakat dan wakaf yang kompeten dan profesional,” ungkap Babun Suharto saat memberikan arahan dalam pembukaan Munas Mazawa, Senin (02/4) di aula IAIN Jember.

Rektor juga menegaskan pentingnya sinergi mahasiswa manajemen zakat dan wakaf dengan lembaga-lembaga filantropi di luar kampus. Dikatakan Babun, zakat memiliki potensi yang besar dalam pemberdayaan ekonomi umat. Karena itu, mahasiswa prodi zakat wakaf diharapkan memiliki jiwa aktifis yang siap untuk mengembangkan lembaga zakat dan wakaf dengan bersinergi dengan lembaga filantropi di luar kampus.

“Perguruan tinggi harus memiliki kontribusi besar dalam pengembangan zakat dan wakaf dengan penelitian dan pengabdian masyarakat. Karena itu, saya berharap perhimpunan Mazawa ini menjadi bagian dari upaya mendukung perkembangan lembaga zakat dan Wakaf di Indonesia,” harap guru besar ilmu manajemen itu.

Sementara itu, ketua himpunan mahasiswa manajemen zakat dan wakaf IAIN Jember Zainullah    mengatakan bahwa Munas ini bertujuan untuk memilih ketua dan susunan pengurus, membentuk AD ART, dan juga merencanakan program kerja Mazawa se-Indonesia. “Kami bersama teman-teman Mazawa se-Indonesia akan merumuskan pelbagai program kerja. Selain itu, Munas Mazawa ini juga bertujuan sebagai ajang sosialisasi program studi Manajemen Zakat dan Wakaf,” ungkap Zainullah.

Hadir dalam munas Mazawa ini, antara lain Mazawa UIN Sunan Ampel Surabaya, mazawa UIN Raden Fatah Palembang, mazawa IAIN Tulungagung, mazawa IAIN Ponorogo, mazawa IAIN Surakarta, mazawa Universitas Muhammadiyah Jakarta dan mazawa dari perguruan tinggi lainnya.

Dalam Munas Mazawa ini, juga digelar beberapa kegiatan antara lain Seminar Nasional “Profesionalitas SDM dalam Mempercepat Perkembangan Zakat dan Wakaf di Indonesia” dengan menghadirkan narasumber Ketua Badan Wakaf Indonesia Provinsi Jawa Timur, Prof. Dr. Ahmad Faisol Haq, Sekretaris BAZNAS Jatim Benny Nur Miftahul Ulum, S. Sos, MM.  Selain itu juga launching Unit Pengumpul Zakat (UPZ) IAIN Jember.

Munas Mazawa ini akan berlangsung tiga hari, Senin – Rabu, 1 – 3 April 2018. (wildan/humas)

Berita Terbaru

Biro Konseling dan Layanan Psikologi Fakultas Dakwah Ajak Generasi Muda Berani Unjuk Personal Branding
05 Apr 2024By dakwah
Fakultas Dakwah Gelar Yudisium ke-27 dengan Prestasi Gemilang dari Para Yudisi
17 Feb 2024By dakwah
PKL Mahasiswa Dakwah UIN KHAS Hasilkan Buku Moderasi Beragama
13 Feb 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;