fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

JALIN KERJA SAMA DENGAN DINAS SOSIAL PROVINSI JAWA TIMUR

Home >Berita >JALIN KERJA SAMA DENGAN DINAS SOSIAL PROVINSI JAWA TIMUR
Diposting : Senin, 15 Aug 2022, 20:03:05 | Dilihat : 1091 kali
JALIN KERJA SAMA DENGAN DINAS SOSIAL PROVINSI JAWA TIMUR


Dakwah- Dalam upaya untuk pengembangan kelembagaan, Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember kembali melakukan kerja sama, kali ini penandatanganan Nota Kerja sama dilakukan bersama dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, di Surabaya, Senin/08/2022.

Kerja sama dengan berbagai pihak ini sangat diperlukan, guna untuk melaksanakan bagian dari tugas dan tanggung jawab Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu melaksanakan pengabdian masyarakat, khususnya dalam upaya ikut membantu sebagian permasalahan yang muncul di lingkup masyarakat.

Dekan Fakultas Dakwah, Prof. Dr. Ahidul Asror, M.Ag menyebutkan bahwa keberadaan masyarakat marjinal, kurang berdaya, kurang memiliki semangat, termasuk juga kekurangan dalam hal-hal sosial perlu mendapatkan perhatian dari perguruan tinggi, sehingga keterlibatan PT dapat berkontribusi dalam upaya meningkatkan taraf kehidupan masyarakat yang lebih memadai.

“Penandatanganan nota kesepahaman bersama dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur ini menjadi langkah awal bagi Fakultas Dakwah, sehingga dapat memerankan diri sebagai lembaga pemberi kontribusi dalam pemecahan masalah yang berkembang di masyarakat”, ujar Prof. Asror.

Perlu diketahui bahwa di antara butir-butir yang tertera dalam nota MoU antara Fakultas Dakwah dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur adalah terkait tentang kerja-kerja kolaborasi, sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Dalam hal ini, selain Fakultas Dakwah dapat melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, Dinas Sosial juga dapat melaksanakan teknik pendampingan dengan model spefisik terhadap civitas akademika untuk berbagi ruang dalam upaya peningkatan kemampuan di bidang sosial.

Karena itulah keberadaan Fakultas Dakwah yang memiliki lima program studi yaitu Progam Studi Psikologi Islam, Komunikasi Penyiaran Islam, Bimbingan Konseling Islam, Manajemen Dakwah, dan Pengembangan Masyarakat Islam, sehingga dapat melengkapi kemampuan dalam mewujudkan misi kemasyarakat bersama dengan Dinas Sosial provinsi Jawa Timur dengan visi peningkatan kesejahteraan sosial bagi pelaksana teknis di berbagai daerah di wilayah Jawa Timur.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Kerja sama dan Alumni, Dr. Minan Jauhari, S.Sos.I., M.Si menegaskan bahwa kerja sama ini dinilai sangat strategis bagi pengembangan kelembagaan fakultas dakwah khususnya. Sebab, dengan adanya dukungan kelembagaan dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, setidaknya misi Fakultas Dakwah sebagai bagian dari perguruan tinggi yang berkewajiban melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat dijalankan dengan lebih pasti.

Apalagi salah satu dharma yang harus dijalankan yaitu pelaksanaan pendidikan dan pengajaran dalam bentuk Praktik Pengalaman Lapangan, yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, sangat memerlukan dukungan dan kerja sama dari pihak-pihak lain, termasuk Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.

“Kerja sama ini bisa dimanfaatkan oleh semua unsur keluarga besar Fakultas Dakwah, baik untuk kepentingan pengembangan riset, pengembangan keilmuan masing-masing program studi, juga untuk pelaksanaan program pengabdian masyarakat” Ungkap Minan.

Sementara, kegiatan penandatanganan nota Kerjasama Bersama dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur ini, selain dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Dakwah UIN Khas Jember, juga dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Dr. Alwi, M.Hum. (Arik)

Berita Terbaru

Dua Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Berhasil Publish Artikel Jurnal di Konferensi Internasional UIN SUKA Yogyakarta
22 Apr 2024By dakwah
Biro Konseling dan Layanan Psikologi Fakultas Dakwah Ajak Generasi Muda Berani Unjuk Personal Branding
05 Apr 2024By dakwah
Fakultas Dakwah Gelar Yudisium ke-27 dengan Prestasi Gemilang dari Para Yudisi
17 Feb 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;