fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Mahasiswa BKI Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember Praktek Konseling Pra Nikah

Home >Berita >Mahasiswa BKI Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember Praktek Konseling Pra Nikah
Diposting : Kamis, 20 Jun 2024, 20:59:39 | Dilihat : 107 kali
Mahasiswa BKI Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember Praktek Konseling Pra Nikah


Jember, Media Center Fakultas Dakwah - Mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) peminatan keluarga semester 6 Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember turun lapangan untuk melaksanakan Praktek Lapang Konseling Pranikah. Tersebar rata ke tujuh kecamatan yang memiliki jumlah Dispensasi Kawin (DISKA) dari kalangan pernikahan dibawah umur juga sudah hamil luar nikah terbanyak di Kabupaten Jember terdiri dari Kecamatan Sumbersari, Kaliwates, Sukorambi, Mumbulsari, Pakusari, Patrang, Ajung.

Kegiatan ini dilakukan selama tiga puluh hari lebih, tepatnya mulai dari tanggal 20 Mei lalu hingga 30 Juni 2024 mendatang. Menariknya terdapat kerjasama dengan lembaga DP3AKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana) Jember yang langsung berhubungan dengan mahasiswa secara berkelompok. Pendampingan oleh 4 dosen Fakultas Dakwah dan 3 orang dari DP3AKB, dimana pelaksanaannya dapat berjalan terstruktur dan memberikan manfaat bagi masyarakat maupun mahasiswa itu sendiri.

Nurhasanah M. Psi,. Psikolog selaku dosen pengampu mata kuliah Konseling Pranikah menjelaskan bahwa tugas ini menyasar langsung pada subjek yang membutuhkan dan tempat yang tepat. Mahasiswa terlibat dalam berbagai kegiatan yakni memberikan konseling baik pada calon pengantin (CATIN) DISKA, yang sudah siap menikah, kepada remaja usia dibawah 19 tahun dengan menggunakan konseling klasikal untuk pencegahan pernikahan dini, maupun konseling pernikahan untuk yang sudah menikah.

“Pemilihan tugas akhir ini, melihat pentingnya DISKA mendapatkan perhatian khusus, baik dampaknya secara psikologis dimana CATIN perempuan yang sedang hamil dalam keadaan lakinya tidak begitu suka dan terpaksa akhirnya nanti akan ada kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Sehingga bisa diberikan program untuk mencegah KDRT. Dan jika ada kasus harus melapor kemana?, Juga berdampak bagi fisiologis anaknya seperti stunting” Tambah Nurhasanah.

Harapannya untuk mahasiswa, keterampilan konseling lebih terasah dengan terjun langsung ke lapangan
pada subjek yang dikenai konseling. Refi Anita, salah satu mahasiswa BKI terkait turut berkomentar mengenai hal tersebut "Bermanfaat sekali bagi mahasiswa diberikan keterampilan dengan terjun ke lapangan untuk praktek konseling pranikah".


Koordinator Media Center : Zulfan Nabrisah
Penulis: Intan Permatasari
Editor : Nuzul Ahadiyanto, Firdaus Dwi

Berita Terbaru

Kupas Modifikasi Perilaku: Pameran Poster Latih Komunikasi Verbal dan Visual Mahasiswa Psikologi Islam
04 Jul 2024By dakwah
Segera Launching Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Dakwah 2024
28 Jun 2024By dakwah
Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Adakan Lomba Short Movie Tingkat Kabupaten Jember
25 Jun 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;