fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

MAHASISWA PKL FAKULTAS DAKWAH UIN KHAS JEMBER SIAPKAN BUKU PETA MODERASI BERAGAMA LUMAJANG

Home >Berita >MAHASISWA PKL FAKULTAS DAKWAH UIN KHAS JEMBER SIAPKAN BUKU PETA MODERASI BERAGAMA LUMAJANG
Diposting : Selasa, 16 Jan 2024, 08:58:27 | Dilihat : 90 kali
MAHASISWA PKL FAKULTAS DAKWAH UIN KHAS JEMBER SIAPKAN BUKU PETA MODERASI BERAGAMA LUMAJANG


Jember, Media Center Fakultas Dakwah - Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lumajang, Dr. M. Muslim, M. Sy. mengungkapkan, Kabupaten Lumajang telah ditetapkan sebagai satu-satunya kabupaten moderasi beragama di Jawa Timur. Oleh karena itu, ia terus berupaya menggaungkan semangat moderasi beragama di semua lini, termasuk melalui penyelenggaraan PKL mahasiswa Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember di Kabupaten Lumajang.

Ia menjelaskan, saat ini sudah ada dua buku yang bertema moderasi beragama di Kabupaten Lumajang yang sudah terbit. Selanjutnya, ia berharap mahasiswa peserta PKL bisa menuliskan pengalaman moderasi beragama di masing-masing kecamatan. 

Di hadapan para peserta PKL di Aula Kemenag Lumajang, Kepala Kemenag yang menuntaskan pendidikan S2 dan S3 di UIN KHAS Jember ini menuturkan, tahun lalu, baru satu kelompok mahasiswa PKL di kecamatan saja yang menerbitkan buku yang berisi kumpulkan khutbah Jum'at. Dirinya berkeinginan tradisi menulis buku ini dilanjutkan di tiap pelaksanaan PKL.

"Saya ini penulis, dosen-dosen Fakultas Dakwah juga penulis, oleh karena itu, saya wajibkan setiap mahasiswa yang PKL di KUA untuk menulis. Targetnya satu buku bisa diterbitkan di saat acara penutupan PKL bulan depan," ungkap pria yang pernah menjadi Plt. Kepala Kemenag Jember ini.

Wakil Dekan 3 Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember, Dr. Minan Jauhari, M.Si. menjelaskan, mahasiswa yang diterjunkan di lokasi PKL ini siap melaksanakan program-program yang sudah disusun dan membantu program masing-masing KUA yang berjumlah 21 kecamatan.

PKL di Kabupaten Lumajang dilaksanakan sebagaimana PKL di tahun-tahun sebelumnya. Namun, setiap tahun harus ada kemajuan dan pengembangan dalam pelaksanaannya.

"Jadi ini total ada 147 mahasiswa yang siap melaksanakan program-program Kementerian Agama yang ada di kecamatan-kecamatan. Mereka sudah kita bekali dengan ilmu dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugasnya di KUA yang tersebar di Lumajang," ungkap pria yang ahli dalam penelitian netnografi ini. 

Senin pagi (15/1), Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember menyerahkan 147 mahasiswa peserta PKL di Kabupaten Lumajang. PKL di Lumajang merupakan bagian dari program PKL yang juga dilaksanakan di kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo. Para mahasiswa tersebut akan melaksanakan PKL selama sebulan penuh.

 

 

Koordinator Media Center: Zulfan Nabrisah 

Penulis: M. Dawud 

Editor: Nuzul Ahadiyanto & Firdaus Dwi Cahyo Kurniawan

Berita Terbaru

Keterampilan Komunikasi yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Psikologi, Simak Baik-baik!
04 May 2024By dakwah
Rapat Kerja Pimpinan 2024: Menuju Fakultas Dakwah yang Transformatif, Cerdas dan Membebaskan
02 May 2024By dakwah
Dua Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Berhasil Publish Artikel Jurnal di Konferensi Internasional UIN SUKA Yogyakarta
22 Apr 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;