fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Masih Gugup Berbicara di Depan Umum, Fakultas Dakwah Punya Solusinya

Home >Berita >Masih Gugup Berbicara di Depan Umum, Fakultas Dakwah Punya Solusinya
Diposting : Minggu, 17 Dec 2023, 14:22:54 | Dilihat : 164 kali
Masih Gugup Berbicara di Depan Umum, Fakultas Dakwah Punya Solusinya


Jember, Media Center Fakultas Dakwah - Kemampuan bicara di depan publik merupakan salah satu hal penting untuk semua orang khususnya bagi mahasiswa, baik dalam perkuliahan maupun eksternal. Menyikapi hal tersebut, Fakultas Dakwah mengadakan Pelatihan Softskill dan Kompetensi Mahasiswa berkelanjutan dengan tema yang berbeda.

Pelatihan Softskill kali ini berfokus pada tema “How to be A Good Speaker” yang mendatangkan narasumber ahli dalam bidangnya Hj. Riza Wahyu Utami, SP., MP, yang kerap dipanggil Bunda Ica, yang diadakan di Aula Perpustakaan UIN KHAS Jember, Kamis 08.00 waktu setempat. (14/12/23)

Bunda Ica mengatakan bahwa mahasiswa harus menguasai kemampuan dasar seperti public speaking terutama yang ada di Fakultas Dakwah. Sebelum berdakwah kepada banyak orang agar pesan moralnya bisa tersampaikan secara baik yaitu dengan mengembangkan 3V (Vokal, Verbal, Visual). Menurut pengalamannya sebagai penyiar radio di Jember, ketika berada di bidang public speaking, kemampuan seseorang akan selalu meningkat dalam berbicara di depan umum apabila rutin mengasahnya dalam berbagai kesempatan.

Berdasar pengamatan tim media center, selama pelatihan berlangsung. Bukan hanya penyampaian materi dan tanya jawab seperti pada umumnya, namun juga dilakukan pelatihan secara langsung oleh para peserta sehingga suasana lebih dinamis.

Salah satu peserta sangat antusias mengikuti pelatihan hingga selesai. Dengan pelatihan ini, kemampuan public speaking bisa bermanfaat di masa depan.

 

Penulis: Intan Permatasari

Koordinator Media Center: Zulfan Nabrisah

Editor: Nuzul Ahadiyanto & Firdaus Dwi Cahyo Kurniawan

Berita Terbaru

Pemilihan Duta Kampus UIN KHAS Jember 2024 Memasuki Tahap Technical Meeting
14 May 2024By dakwah
Kampanyekan Budaya Sensor Mandiri, Sinergi LSF-RI dengan Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember.
07 May 2024By dakwah
Keterampilan Komunikasi yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Psikologi, Simak Baik-baik!
04 May 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;