fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

New Horizon: Ajang Adu Prestasi dan Kreativitas HMPS

Home >Berita >New Horizon: Ajang Adu Prestasi dan Kreativitas HMPS
Diposting : Senin, 21 Oct 2024, 17:49:00 | Dilihat : 40 kali
New Horizon: Ajang Adu Prestasi dan Kreativitas HMPS


JEMBER, MEDICEN FADA – Ratusan mahasiswa memadati Gedung Teater UIN KH Achmad Siddiq Jember pada acara "New Horizon" yang digelar Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Dakwah pada Minggu (13/10). Acara ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antarjurusan, menjaring mahasiswa baru berprestasi, serta mengasah keterampilan dan pengetahuan mahasiswa.

Acara New Horizon dibuka oleh Dr. Minan Jauhari, M.Si., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan yang menekankan pentingnya koordinasi lembaga kemahasiswaan dalam pengembangan bakat dan minat akademik maupun non akademik. Diharpkan dari ajang ini, bakat, minat serta prestasi para mahasiswa akan lebih mudah terpantau.

“Sema dan Dema fakultas menjadi lembaga yang mengkoordinir seluruh kegiatan mahasiswa melalui HMPS (Himpunan Mahasiswa Progran Studi). Para mahasiswa dapat menyalurkan bakat dan minatnya untuk mewujudkan prestasi-prestasi mereka di bidang akademik maupun non akademik,” ujar Minan.

Sedang Presiden Mahasiswa 2024-2025 M. Alvin Maulana, mengajak para mahasiswa untuk berpikir kritis, berzikir, dan beramal saleh dalam kehidupan sehari-hari sebagai aktivis. “Selain menuntut ilmu di kampus, mahasiswa juga harus mampu bersaing, memberi solusi serta bisa mengamalkan ilmunya untuk masyarakat luas,” papar Alvin.

Sementara itu, Ketua Dema Fakultas Dakwah 2024/2025 Robert Fahimi mengungkapkan, kegiatan New Horison yang baru pertama kali digelar ini membawa tiga misi utama. Pertama, menjalin silaturahmi antarjurusan dalam lingkup Fakultas Dakwah. Kedua, menjaring mahasiswa baru angkatan 2024 yang memiliki prestasi. Ketiga, membangun literasi dan meningkatkan pengetahuan mahasiswa baru.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh sejumlah narasumber. M. Labib Alfarizi, S.Sos., membuka sesi materi dengan tema Membangun Pola Pikir Produktif Mahasiswa untuk Generasi Emas". Kemudian Yusi Putri Lailatul Musyarofah, S.Sos., M.I.Kom., membahas pentingnya soft skill bagi mahasiswa. Selanjutnya diisi Khaula Zulfa Yusuf, S.Sos., yang memaparkan manfaat organisasi dalam perkuliahan, termasuk akses ke sumber daya belajar dan jaringan relasi yang lebih luas.

Setelah istirahat sore, acara dilanjutkan pada pukul 18.00 dengan perlombaan teater antarprogram studi. Program Studi Manajemen Dakwah menampilkan teater tentang seorang anak yang menyesali masa mudanya yang dihabiskan untuk berfoya-foya, diakhiri dengan kesedihan saat orang tuanya meninggal. Program Studi Psikologi Islam menghadirkan cerita tentang seorang wanita yang ingin belajar, tetapi dipaksa orang tuanya menikahi saudagar kaya. Namun, pada akhirnya, saudagar tersebut mendukung pendidikan dan karier wanita itu.

Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) menampilkan tarian adat dari Bali dan Papua, di mana puncaknya adalah pengibaran bendera merah putih yang ikonik. Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) menampilkan teater bertema "Jauhi Narkoba", yang diakhiri dengan lagu Roma Irama. Sementara itu, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) menyajikan cerita tentang seorang generasi Z dengan impian besar, namun impiannya hancur karena tindakan salah seorang pejabat.

Acara New Horizon ditutup dengan penampilan dari Wisteria Band, grup musik dari kampus UIN KHAS Jember, yang menghibur para peserta dengan musik yang membangkitkan semangat. Ajang ini sukses menjadi wadah pengembangan kreativitas dan prestasi mahasiswa Fakultas Dakwah.

 

Koordinator MEDICEN FADA: Abdul Choliq

Reporter: Afton Maulana Habibi

Fotografer: Afton Maulana Habibi

Editor: Abdul Choliq, Firdaus Dwi, Nuzul Ahadiyanto

 

Berita Terbaru

Pengumuman! Pendaftaran Diklat Karya Ilmiah dan Jurnalistik Digital.
24 Oct 2024By dakwah
New Horizon: Ajang Adu Prestasi dan Kreativitas HMPS
21 Oct 2024By dakwah
Ditutup Fashion Show dan Lomba Storytelling Bahasa Daerah
13 Oct 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;