fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Peserta Riset Kolektif Mahasiswa Presentasikan Proposal Penelitian

Home >Berita >Peserta Riset Kolektif Mahasiswa Presentasikan Proposal Penelitian
Diposting : Rabu, 18 Apr 2018, 13:11:21 | Dilihat : 802 kali
Peserta Riset Kolektif Mahasiswa Presentasikan Proposal Penelitian


IAIN Jember- Sedikitnya 64 Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember yang terbagi dalam 32 Kelompok Tim Penelitian melakukan presentasi dalam seminar proposal penelitian yang digelar oleh Pusat Penelitian dan Penerbitan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Jember. Selasa (17/04).

Seminar proposal ini merupakan rangkaian tahap kegiatan yang harus dilakukan oleh calon peserta Riset Kolektif Mahasiswa (RKM) tahap I tahun anggaran 2018. Sebab, presentasi dalam seminar proposal penelitian ini menentukan layak atau tidak layak bagi mahasiswa menjadi peserta RKM pada tahap I ini.

Diketahui, Riset Kolektif Mahasiswa (RKM) adalah salah satu program penelitian ditingkat mahasiswa yang difasilitasi oleh LP2M. Program RKM ini bermaksud Meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan wawasan mahasiswa di bidang penelitian, agar memiliki kemampuan meneliti yang memadai untuk menghasilkan penelitian yang bermutu dan berkualitas.

Ketua LP2M IAIN Jember, Muhibbin, S.Ag., M.Si pada kesempatan pembukaan seminar proposal penelitian mempertegas bahwa RKM ini sesungguhnya dalam rangka memberikan ruang dan akses mahasiswa untuk melatih skil dan kemampuan meneliti sesuai kompetensi keilmuan yang dimiliki agar termotivasi menghasilkan karya penelitian yang bermutu dan berkualitas, yang manfaatnya secara praksis dapat dirasakan masyarakat.

Selain itu, RKM ini juga dalam rangka menyiapkan dan mengasah kemampuan meneliti mahasiswa agar memiliki kualifikasi dan kompetensi memadai untuk dilibatkan oleh para dosen, peneliti, maupun fungsional lainnya dalam program penelitian, khusunya di IAIN Jember.

Hal serupa juga disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Jember, H. Nur Solikin, S.Ag., M.Si. Menurutnya Dengan mengikuti kegiatan Riset Kolektif Mahasiswa (RKM) ini, mahasiswa akan memperoleh banyak manfaatnya, diantaranya memperoleh kesempatan dan akses meningkatkan dan mengasah kemampuan meneliti untuk dijadikan modal menghasilkan karya penelitian yang bermutu dan berkualitas, serta memiliki relevansi dengan penyelesaian problem keilmuan (Islam), kemanusiaan, dan kemasyarakatan secara empirik.

Selain itu melalui kegiatan penelitian kolektif kompetitif ini, mahasiswa juga memiliki competitive advantage untuk dapat berkiprah secara kompetitif dalam merespon tawaran-tawaran penelitian tingkat regional, nasional, dan bahkan internasional, khusunya kualifakasi terlibat dalam setiap kegiatan penelitian dosen (IAIN Jember).

Sementara kegiatan seminar proposal ini dilaksanakan selama tiga hari, Teknisnya semua peserta mempresentasikan proposal penelitian dihadapan riviewer yang telah ditunjuk oleh LP2M. masing-masing reviewer adalah Dr. Imam Bonjol Jauhari, M. Si, Dr. Ahidul Asror, M.Ag dan Muhaimin, S.Ag., M.H.I. Adapun peserta yang dinyatakan lulus dalam seminar ini nantinya akan ditetapkan sebagai peserta RKM tahun anggaran 2018. (Minan Jauhari)

Berita Terbaru

Dua Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Berhasil Publish Artikel Jurnal di Konferensi Internasional UIN SUKA Yogyakarta
22 Apr 2024By dakwah
Biro Konseling dan Layanan Psikologi Fakultas Dakwah Ajak Generasi Muda Berani Unjuk Personal Branding
05 Apr 2024By dakwah
Fakultas Dakwah Gelar Yudisium ke-27 dengan Prestasi Gemilang dari Para Yudisi
17 Feb 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;