fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Terima 100 Mahasiswa PKL Fakultas Dakwah, Kankemenag Banyuwangi Beri Pesan Literasi

Home >Berita >Terima 100 Mahasiswa PKL Fakultas Dakwah, Kankemenag Banyuwangi Beri Pesan Literasi
Diposting : Selasa, 17 Jan 2023, 11:46:33 | Dilihat : 52 kali
Terima 100 Mahasiswa PKL Fakultas Dakwah, Kankemenag Banyuwangi Beri Pesan Literasi


Senin (16/01/2023) sebanyak 400 mahasiswa yang terbagi ke dalam empat wilayah di tapal kuda mengikuti acara pelepasan praktik kerja lapangan. Empat wilayah tersebut terdiri atas Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Lumajang, dan Situbondo.

Di Kabupaten Banyuwangi, serah terima atas 100 mahasiswa praktikan dilaksanakan di Aula MAN 1 Banyuwangi. Dalam momen tersebut, hadir Kepala Kemenag Banyuwangi, Dr. Amak Burhanudin, serta perwakilan dari 16 KUA, dan segenap dosen pendamping lapangan.

Mewakili Fakultas Dakwah, koorprodi Psikologi Islam, Muhib Alwi menyampaikan terima kasih atas kesediaan Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi menerima mahasiswa untuk berkegiatan praktik kerja lapangan.

“Kegiatan PKL dilaksanakan saat masa libur menuju semester genap. Wajib dilaksanakan oleh mahasiswa semester 5 untuk ditugaskan khusus terkait ilmu dakwah. Diterjemahkan ke dalam bentuk kerja sama dan pendampingan masyarakat melalui penyuluhan,” buka Muhib Alwi.

Lebih lanjut, Muhib Alwi berharap mahasiswa Fakultas Dakwah yang terdiri dari latar belakang berbeda-beda bisa mendapatkan bimbingan dalam 12 program kepenyuluhan di 16 KUA wilayah Kabupaten Banyuwangi.

Dijelaskan senada, Kepala Kemenag Banyuwangi juga menyampaikan pesan terkait perbedaan medan tiap KUA. Fasilitas dan tipe penyuluhan di tiap titik juga terdapat keberagaman. Dengan tambahan 5-6 mahasiswa di masing-masing KUA, berarti total ada 13 tenaga penyuluh yang bekerja di satu kecamatan.

“Hormati tradisi di sekitar lokasi. Kalau memang ada hal baru dan berbeda menurut sudut pandang mahasiswa, jadikan itu sebagai bahan sebuah tulisan. Saya mengharapkan tinggalan tulisan dari tiap mahasiswa. Nanti, di akhir masa PKL tulisan tersebut bisa kami bukukan,” pesan Amak.

Pesan tersebut disampaikan selaras dengan program penggalakan literasi dari Kantor Kemenag Banyuwangi. Terakhir kali, Amak me-launching 130 buku pada acara Hari Amal Bakti, awal Januari. (Arik)

 

Berita Terbaru

Jangan Seperti Pendekar Turun Gunung, Pesan Kepala Kemenag Situbondo dalam Pelepasan PKL 2023
17 Jan 2023By dakwah
Terima 100 Mahasiswa PKL Fakultas Dakwah, Kankemenag Banyuwangi Beri Pesan Literasi
17 Jan 2023By dakwah
Tahun Baru, Fakultas Dakwah Lepas 400 Mahasiswa PKL di Wilayah Tapal Kuda
17 Jan 2023By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;