fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Tingkatkan Mutu Akademik, IAIN Jember Benahi SDM dan Kelembagaan

Home >Berita >Tingkatkan Mutu Akademik, IAIN Jember Benahi SDM dan Kelembagaan
Diposting : Kamis, 12 Apr 2018, 13:54:41 | Dilihat : 1076 kali
Tingkatkan Mutu Akademik, IAIN Jember Benahi SDM dan Kelembagaan


IAIN Jember - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember terus melakukan pembenahan. Sejak beralih status dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN), banyak hal yang telah dilakukan. Pembenahan itu dilakukan dalam pelbagai sektor, mulai dari bangunan gedung baru untuk perkuliahan, gedung Ma’had Saifudin Zuhri, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) perguruan tinggi hingga tata kelola kelembagaan.

Rektor IAIN Jember Babun Suharto mengatakan bahwa saat ini terus dilakukan pengembangan, baik dari sisi akademik, sarana dan SDM. “Kami terus melakukan pembenahan. Saat ini, dari sisi gedung sarana dan prasarana, kami nilai sudah cukup representatif. Pembangunan beberapa gedung baru telah selesai dengan dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN),” ungkap Babun saat memberikan sambutan pada kegiatan seminar Peningkatan  dan Penguatan Kelembagaan, Rabu, (12/4) di Gedung Kuliah Terpadu IAIN Jember.

Dikatakan Babun, kemajuan fisik sarana pendidikan pada perlu diimbangi dengan kemampuan mutu akademik, kualitas dosen, riset dan percepatan penambahan guru besar (professor). Karena itu, IAIN Jember mendorong SDM kampus untuk selalu menghidupkan budaya akademis yang berkualitas. “Kami mendorong produktivitas karya ilmiah para dosen. Selain itu, kami juga membuat program percepatan doktor dan guru besar”, terang Babun.

“Kami bersama seluruh civitas akademika IAIN Jember memiliki komitmen untuk terus melakukan pembenahan menuju kampus yang lebih baik,” sambungnya.

Dalam penguatan kelembagaan, Babun menargetkan seluruh program studi di lingkungan IAIN Jember meraih nilai maksimal. Menurutnya, tahun 2018 tidak boleh ada program studi yang memperoleh akreditasi C. “Kami targetkan, minimal akreditasi B untuk seluruh program studi di IAIN Jember”, jelas Ketua LPTNU Jawa Timur itu.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini Kepala Biro Hukum dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Agama Achmad Gunaryo. Gunaryo mendorong civitas akademika IAIN Jember melakukan perbaikan dan penguatan tata kelola kelembagaan serta perluasan kerjasama.

Dikatakan Kabiro Hukum dan Kerjasama Kemenag RI, perguruan tinggi harus berkompetisi untuk menaikkan daya tawar. “Jika ingin survive dan kompetitif, perguruan tinggi harus memperbaiki mutu dan pelayanannya”, jelas Achmad Gunaryo.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Jember dan diikuti seluruh pimpinan IAIN Jember. (wildan/humas)

Berita Terbaru

Dua Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Berhasil Publish Artikel Jurnal di Konferensi Internasional UIN SUKA Yogyakarta
22 Apr 2024By dakwah
Biro Konseling dan Layanan Psikologi Fakultas Dakwah Ajak Generasi Muda Berani Unjuk Personal Branding
05 Apr 2024By dakwah
Fakultas Dakwah Gelar Yudisium ke-27 dengan Prestasi Gemilang dari Para Yudisi
17 Feb 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;