fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Sejarah

Home >Halaman >Sejarah

Fakultas Dakwah IAIN Jember didirikan atas dasar pertimbangan praktis dengan mengacu pada kebutuhan fungsional institusi. Tidak ketinggalan juga pendirian Fakultas Dakwah bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan IAIN Jember yang mengacu pada Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi, Keputusan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 57 Tahun 2008 tentang STATUTA Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jember, Keputusan Menteri Agama RI No. 156 Tahun 2004 tentang pedoman, pengawasan, pengendalian dan pembinaan program Diploma, Sarjana dan Program Pasca Sarjana pada Perguruan Tinggi Agama Islam. Keputusan Presiden (Keppres) no 142  tahun 2014 tentang alih status STAIN Jember menjadi IAIN Jember. Peraturan Menteri Agama RI nomer 6 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember dan Keputusan Menteri Agama no 51 tahun 2016 tentang STATUTA IAIN Jember.

Fakultas Dakwah IAIN Jember berdiri tahun 1997 yang saat itu masih bernama Jurusan Dakwah STAIN Jember, kemudian di tahun 2014 berubah menjadi Fakultas Dakwah IAIN Jember menyelenggarakan lima Program Studi. Diantaranya adalah Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Prodi Manajemen Dakwah (MD), Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), serta Prodi Psikologi Islam (Psi). Didirikannya Fakultas Dakwah dimaksudkan untuk “menyiapkan sarjana muslim yang berakhlakul karimah, mempunyai kemampuan di bidang akademik dan professional di bidang ilmu dakwah”. Oleh sebab itulah Fakultas Dakwah mempunyai tugas dan amanah untuk menumbuhkan profesioanalisme, khususnya dalam pembangunan mental spiritual islam. Jika dibandingkan dengan Fakultas lainnya, Fakultas Dakwah dituntut untuk terus berbenah diri dengan pelbagai tantangan yang ada. Melalui pendidikan dan pengajaran yang dikembangkan bagi mahasiswa agar supaya dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta ilmu pengetahuan dan teknologi pada diri dan masyarakat.     

Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) merupakah prodi tertua di Fakultas Dakwah IAIN Jember. Prodi ini dibuka tahun 1997 sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia (INPRES) no 11 th 1997 tentang pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel di Jember. Kemudian pada tahun 2018 berdasarkan keputusan BAN-PT Prodi KPI IAIN Jember sudah terakrediasi “Baik”, dengan SK BAN-PT nomor 1763/SK/BAN-PT?Akred/S/VII/2018. Oleh sebab itulah prodi KPI terus melakukan pengembangan dan inovasi dengan berbagai macam pendekatan agar memperoleh lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan perkembangan waktu dan tuntutan zaman.

Koordinasi dan komunikasi serta sharing informasi antar unit, dosen dan mahasiswa dilakukan melalui beberapa media. Seperti halnya penggunaan whatsapp (WA) grup yang dibuat di tingkat Fakultas untuk semua dosen dan karyawan, WA grup khusus pengelola, serta WA khusus untuk layanan akademik mahasiswa. Selain itu juga disampaikan melalui website Fakultas Dakwah IAIN Jember (fdakwah.iain-jember.ac.id). dengan harapan melalui media tersebut semua informasi dan permasalahan yang ada di tingkat dosen dan mahasiswa bisa diatasi dengan baik.

Berita Terbaru

Jangan Seperti Pendekar Turun Gunung, Pesan Kepala Kemenag Situbondo dalam Pelepasan PKL 2023
17 Jan 2023By dakwah
Terima 100 Mahasiswa PKL Fakultas Dakwah, Kankemenag Banyuwangi Beri Pesan Literasi
17 Jan 2023By dakwah
Tahun Baru, Fakultas Dakwah Lepas 400 Mahasiswa PKL di Wilayah Tapal Kuda
17 Jan 2023By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;